Rabu, 01 Januari 2014

Akibat gak kenal twitter

Liburan? yah tetep gini aja. Bengong-bengong gak jelas di kosan. Kalo ada hal untuk dikerjain paling ya buka facebook, main game, buka twitter *baru inget gue gak punya twitter, terus apa yang di buka.

Sebagai remaja, (gue masih pantes kan dibilang remaja) gue ngrasa kurang apdet kalau gak punya twitter. Tapi gue juga gak ngerti apa sih asiknya main twitter. Karena penasaran, gue cari deh apa yang bisa kita dapet dari si twitter ini. Apakah kalau kita main twitter bisa dapet rangking 1 di sekolah? Atau kita bisa dapet nelfon gratis 1 jam ke semua operator? Atau dapet voucher makan gratis di warung Bu Wahid sampai wisuda? Kalo gini sih gue juga mau.
Dan setelah gue teliti, inilah isi si twitter

Follow
Dalam twitter kita bisa di follow sama temen. Menurut arti dari kamus gue, follow berarti mengikuti. Jadi temen lo bakal ngikutin kemana aja lo pergi, semacam jadi jongos. Elo bisa nyuruh dia nglakuin apa aja. Bersihin rumah, beliin lo makan, ngerjain PR lo. Macem-macem.


Dari follow muncul istilah keren lain “follback”.. follow udah jelas artinya mengikuti. Back artinya balik. Kalo digabung artinya jadi balik mengikuti. Dalam twitter orang yang baru saja memfollow temannya pasti merengek mention-mention pengen di follback (yang belum tahu mention lihat penjelasan di bawah).

Gue paham kok perasaan orang yang minta di follback. Jadi jongos pasti gak enak, disuruh-suruh gitu. Mereka dengan usaha setengah mati minta di follback. Harapannya jelas, pengen dapet temen yang bisa ngikutin ke mana aja mereka pergi dan bisa ganti nyuruh-nyuruh.

Jadi twitter adalah suatu media sosial yang melatih orang untuk jadi jongos. Di Indonesia banyak remaja yang kegilaan main twitter. Mereka tidak sadar kalau sedang dilatih menjadi jongos untuk dipekerjakan di negara lain. Ngeri banget.

Hastag
Ditandai dengan tanda pagar (#). Hashtag adalah suatu cara agar tweet kita tidak hanya dapat dibaca oleh follower, tetapi juga oleh semua orang yang mencari tweet kita dengan menggunakan hashtag yang sama.
Bahaya penggunaan hastag jauh lebih ngeri dibanding follow. Pernah lihat kan public figure atau artis terkenal ngajak followersnya ngetweet dengan hastag . Syukur kalo ngajak hastag yang bener. Bisa saja artis terkenal yang tidak bertanggung jawab ngetweet, “mari ramaikan twitter dengan hastag #butuhmajikan”.

Kemungkinan besar si artis atau orang terkenal ini bekerja sama dengan majikan-majikan di luar negeri. Setiap pembantu yang berhasil dikirim, si artis akan mendapatkan voucher penambah fans. Jadi dia bakal lebih lama jadi artis. Pikir dua kali sebelum ngikutin hastag artis terkenal.

Hat Tip
Yang ini gue gak ngerti dan gak pengen ngebahas juga. Lewatin aja.

Reetwet
Disingkat dengan RT (bukan rukun tetangga). Retweet. Pada twitter digunakan apabila seseorang ingin membagikan tweet Anda ke follower mereka.

Mention
Dilakukan dengan menyisipkan @username orang lain di dalam sebuah posting tweet. Ini menandakan bahwa tweet yang diposting ditujukan atau berhubungan dengan orang yang di-mention tersebut.

Mention ini guna banget kalo elo minta di follback sama temen. secara umum remaja di Indonesia punya pakem tersendiri, seperti.

Remaja yang hobinya alay (sekarang alay udah jadi salah satu pilihan hobi loh) :
"Pollb4cK E4ch.. Q4Q4.."
Alay banget alaynya, eh bener kan ya kalimat gue?

Remaja yang tipenya suka ngancem-ngancem :
“Gue udah follow punya lo, cepetan follback atau gue unfollow!”
Mungkin kalo diterjemahin menurut arti follow seperti yang gue terangin diatas, jadinya kayak ini :
Gue udah ngikutin lo kemana aja, cepetan ganti ikutin gue balik atau gue berhenti jadi jongos lo! kok jadi pembantu sama majikan yang lagi perang ya..

Stalking
bisa diartikan sebagai aktivitas memantau – mematai-matai – akun orang lain tanpa sepengetahuan pemilik akun yang bersangkutan.
Istilah stalking adalah istilah baru yang digunakan dalam twitter. Entah beneran masih baru atau gue yang kudet gue juga gak tahu. Anggap aja masih baru.
Stalking, mayoritas digunakan oleh jomblo yang lagi gak ada kerjaan pas malem minggu, atau beberapa golongan manusia menyebutnya sabtu malam.
Berarti elo juga dong?
Siapa bilang, gue ada kok kerjaan.
Apa coba?
Emm. Itu.. gue ngerjain.. gue... mmm.. ah ada deh pokoknya.
Stalking biasa dilakukan para jomblo yang lagi mantau kondisi terakhir orang-orang yang sedang berpacaran. Para jomblo mempunyai ritual suci yang mereka lakukan setiap sabtu malam “merusak kesenangan orang yang sedang pacaran, syukur-syukur bisa putus”
Seperti yang kita tahu orang berpacaran sering mengumbar kemesraan dengan pacarnya di twitter sehingga membuat para jomblo geram.

“Yey dibeliin es krim, sekarang lagi suap-suapan di depan monas”

Membaca tweet diatas si jomblo langsung menghubungi temen jomblo lainnya yang berprofesi sebagai pawang hujan.
“Lapor jom (panggilan khusus buat jomblo), berdasarkan stalking yang gue lakukan ada orang pacaran lagi suap-suapan es krim di depan monas, titik koordinat 6° 10′ 57.95″ +106° 50′ 4.69″, segera kirim hujan, ganti”
5 menit kemudian...
“So sweet bangeet, suap-suapan es krim di tengah hujan, dia nglepas jaketnya buat neduhin aku”
“Jom, malah mereka malah tambah mesra, kirim petir!!!”
5 menit kemudian...
“tweet tidak ditemukan” *misi para jomblo sukses!


Catatan : tulisan ini dibuat oleh penulis dalam kondisi mabok. Mohon maklum kalo tulisannya ngaco.
 
 
Copyright © Fahmy Ballers
Blogger Theme by BloggerThemes