Senin, 30 Desember 2013

Ujian Nasional

Ada yang bilang kalo udah lulus ujian berarti udah ngelewatin salah satu ujian terberat dalam hidup. Bener. Sadar atau enggak ujian nasional udah nyita banget waktu kamu buat mikirin ujiannya. Belajar dari materi yang dikasih guru, milih lembaga bimbingan belajar atau les privat yang cocok. Ngundang motivator buat ningkatin motivasi. Sampai cara yang enggak banget, *nyari joki ujian*

Terus terang gue sangat tidak setuju dengan praktek joki yang ada di Indonesia. Joki apapun. Menurut gue, orang yang pake jasa joki berarti dia udah gak menghargai dirinya sendiri. seharusnya kalo orang yang pake joki merasa gak bisa buat ngerjain soal ujian, ya belajar. Gak ada ceritanya orang tiba-tiba bisa pinter gitu aja. Pokok intinya gue sangat tidak setuju dengan joki ujian nasional titik. Kalau beli kunci jawaban? Kalo itu gak papa *plakkk...

Ngomongin soal ujian nasional, gue masih inget banget tentang pelaksanaan UN tahun 2013 yang kacau. Ada beberapa provinsi yang ujiannya harus ditunda hingga berhari-hari. Ada lagi kasus LJUN (lembar jawaban ujian nasional) mudah rusak. Ada juga naskah soal yang ketuker. Pengawas ujian yang kelewat killer. Jual beli kunci jawaban. Haduh, pokoknya banyak banget deh.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya gue gak sekedar ngasih kritik aja. gue juga menyumbangkan hasil pemikiran gue untuk menyelesaikan masalah-masalah diatas. Berikut penyelesaian masalah hasil pemikiran gue :

Pengiriman naskah soal ke daerah pedalaman.
Kasiahan banget ya temen-temen kita yang ujian nasionalnya ditunda. Pasti ngrasa dianak tirikan gitu. Setiap hari harus menerima kabar yang gak jelas, kapan sebenernya ujiannya berlangsung. Secara mental, mereka sudah pasti terganggu. Setiap hari mereka harus dateng ke sekolah. Dan setelah menunggu lama, ternyata masih belum ada naskah soal juga. Mungkin lebih sakit di PHP ujian nasional daripada di PHP gebetan.

Menurut gue, pemerintah perlu mengadakan program pengadaan doraemon untuk memperlancar pengiriman naskah ujian untuk daerah yang sulit dijangkau. Bayangkan, kita cukup masuk pintu ajaib punya doraemon dan tara... kita udah nyampek. Efisien banget kan.

LJUN mudah rusak.
Tentunya peserta ujian kecewa kalo LJUN mudah rusak. Peserta ujian bisa aja salah saat memindah jawaban ke LJUN. Dan kalo salah, mau ngehapus buletannya juga takut. Nanti gores dikit aja robek. Gak kebaca scanner. Gak lulus. Gak jadi di beliin hape baru deh sama bokap. Sedih banget kan.

Menurut gue ini udah bukan jamannya lagi jawab ujian nasional dengan ngurek-ngurek (baca : menghitamkan jawaban) dengan pensil 2b. Seharusnya pemerintah mengajak para ilmuan Indonesia menciptakan terobosan baru dalam menjawab soal ujian nasional. Biar peserta ujian ngerjain soalnya juga gak was-was. Waktu untuk menghitamkan jawaban juga bisa dipangkas supaya mengerjakan soal jadi maksimal. Dan semoga gak ada lagi pelajar yang akhirnya gak jadi beliin hape sama bokapnya. Amin.

Naskah ujian nasional tertukar.
Ada aja petugas yang salah masukin naskah soal ke amplop. Ya namanya juga manusia bro. Manusia kan tempat salah dan lupa. Lagian juga gak sengaja kok. Eh, tapi bisa juga sengaja sih. Siapa tahu petugas bagian masukin naskah ke amplop suka nonton sinetron “putri yang tertukar”. Dari situ dia jadi suka nuker-nuker benda yang ada disekitarnya. Misalkan helm yang harusnya dipake di kepala dia tuker dipake di pantat, bisa aja kan? *kalo yang ini emang agak kebangetan sih.

Saran (lagi) buat pemerintah. Lo mungkin pernah tahu iklan mie instan (gak sebut merek). Iklannya kayak gini, ada orang yang disandra lalu dia dipaksa untuk makan mie instan. Penyandra bertanya pada orang tersebut “gimana rasanya?” orang yang disandra mau jawab “enak”, namun dia bohong dan menjawab “gak enak”. Tapi karena di lidah orang yang disandra udah dipasang alat pendeteksi kebohongan jadi sensor alat itu bilang kalo orang yang disandra bohong.

Pemerintah cukup melakukan modifikasi sederhana pada alat tersebut. Nantinya setiap amplop tempat naskah soal dipasang alat. Dan jika petugas salah masukin naskah, sensor alat itu akan bilang “salah masukin bang, silahkan coba lagi” Simpel banget kan.

Pengawas yang kelewat killer
Gue tahu apa yang kalian pikirkan tentang pengawas killer. Semua yang jelek-jelek deh pokoknya. Pengawas killer aja udah bikin adem panas apalagi pengawas yang kelewat killer. Bisa opname di rumah sakit 1 bulan kali ya. Sebenarnya tujuan pengawas itu baik kok, cuman caranya aja yang belum tepat.

Kita (peserta ujian) tentu berharap dong ujian nasional bisa berlangsung kondusif. Gak cuman nyaman secara fisik aja yang kita butuhkan, tapi psikis juga. Dalam melaksanakan tugas, pengawas seharusnya gak perlu selebay itu. Gerak dikit aja dipelototin setengah jam. Yang ada peserta ujian jadi salah tingkah sendiri. Bingung menentukan sikap agar tidak mengundang kecurigaan pengawas.

Misalnya aja ada peserta ujian yang mau garuk punggung yang gatal. Bisa aja dia tadi lupa mandi gara-gara saking gugupnya mau ujian nasional. Waktu garuk-garuk langsung deh dipelototin sama pengawas. Dugaannya sih dia ngasih kode kepada teman dibelakangnya. La  trus kalo emang gatel beneran gimana? Masak mau di gesrek-gesrekin bangku? Kan gak nyaman banget.

Jadi buat pengawas yang merasa kelewatan killer dalam mengawasi peserta ujian. Sadarlah, pintu tobat terbuka lebar. Sudah banyak korban psikologis berjatuhan. Kalo peserta ujian melakukan gerakan wajar dalam mengerjakan soal ya biarin aja lah. Jangan pasang muka sok serem. Budayakan 3S senyum, sapa, salam. Peserta ngerjain soalnya kan juga enak.

Jual beli kunci jawaban UN
Kurang kerjaan banget sih bisnis jual beli kunci jawaban UN. Nyari rizki yang halah gitu. Kasihan kan keluarga makan dari uang yang tidak halal. Pasti akibatnya juga gak baik. Gue sama sekali gak berminat beli kunci jawaban UN *kecuali ada yang nawarin murah dan nego afgan. Pasti langsung gue beli tuh.*plakkk

Gue sedikit bingung ngasih solusi masalah ini. Kalo gak ada yang jualan kunci jawaban pasti banyak peserta ujian yang gak lulus. Dan kalo udah gak lulus, pasti banyak peserta ujian yang gak jadi dibeliin hape baru sama bokapnya. Akhirnya penjual hape rugi deh gara-gara dagangannya gak laku. Kalo hape yang beredar di masyarakat sedikit, pasti konsumsi pulsa juga menurun. Kesimpulannya adalah makin dikit orang yang beli pulsa di gue (gue jualan pulsa. Bukan face to face, tapi heart to heart). Dan kesimpulan yang lebih simpul lagi adalah uang jajan gue berkurang. Tuh kan, gimana gak dilema.


Jadi gue gak punya solusi untuk masalah satu ini. Hidup penjual kunci jawaban UN. Hidup abang-abang yang jualan HP. Hidup penjual pulsa (gue).
 
 
Copyright © Fahmy Ballers
Blogger Theme by BloggerThemes