Rabu, 30 Oktober 2013

Siswa VS Mahasiswa

Karena sekarang gue udah jadi mahasiswa gue merasakan ada banyak hal yang berubah dari hidup gue. Hal-hal dibawah ini adalah perubahan yang gue alami dari yang semula duduk di bangku SMA dan sekarang udah menjadi mahasiswa. Yang pertama pasti ada perubahan istilah-istilah yang biasa kita ucapin. Misalnya aja ketika SMA kita berangkat ke tempat menuntut ilmu kemudian disapa oleh tetangga “berangkat sekolah dek?” kalo jadi mahasiswa, kita berangkat menuntut ilmu kemudian disapa oleh tetangga “berangkat ngampus dek?”dari sini aja udah beda kan?

Perbedaan istilah selanjutnya adalah ketika kita menyebut orang yang mengajar waktu SMA dengan sebutan Bapak/Ibu guru, kalau di kampus mahasiswa memanggil orang yang mengajarinya dengan Bapak/Ibu dosen. Begitupun sebaliknya, penyebutan peserta didik oleh pengajar juga berbeda. Ketika di SMA kita biasanya diterangkan oleh guru kayak gini “para siswa yang saya cintai bla bla bla”, tapi dosen punya cara lain, biasanya dosen nerangkan ke peserta didiknya kayak gini “para mahasiswa bla bla bla”. Beda juga kan?

Lanjut ke perbedaan selanjutnya, perbedaan tanggungan tugas. Saat kita SMA guru biasanya memberikan tugas kepada peserta didik antara lain mengerjakan LKS, mengerjakan soal yang dicatatkan di papan tulis, presentasi kelompok (tugas ini bisa dibilang jarang diberikan oleh guru, paling-paling 1 bulan cuman ada 2-3 kali presentasi) membuat makalah (membuat makalah biasanya hanya diberikan oleh guru bahasa Indonesia). Untuk tugas makalah di SMA lain gue gak tahu sih, tapi di sekolah gue dulu gitu. Mungkin disini ada diantara temen-temen yang sekolah di kelas unggulan atau sejenisnya lalu mendapat tugas makalah gak cuma di mata pelajaran Bahasa Indonesia aja bisa jadi aja, dan itu bagus. semakin terbiasa dengan tugas banyak di SMA semakin enteng rasanya kalau udah jadi mahasiswa hehe.

Tanggungan tugas yang dihadapi mahasiswa dalam contoh ini tugas gue sendiri antara lain resume (terkadang ada dosen yang minta setiap pertemuan mengumpulkan resume tentang apa saja yang dipelajari hari itu, banyaknya resume kurang lebih 3 lembar A4). Presentasi, presentasi seakan menjadi tugas pokok bagi mahasiswa karena hampir disetiap mata kuliah ada presentasi. Makalah, makalah gak Cuma diberikan untuk mata kuliah Bahasa Indonesia, pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, dan lain-lain juga ada tugas buat makalah. Untungnya gue tidak menemukan tugas membuat laporan praktikum. Karena prodi yang gue ambil Pendidikan Bhs. Inggris dan kuliahnya seru banget, beda kalau besok temen-temen ambil prodi matematika, fisika, biologi pasti akan mendapatkan tugas praktikum dari dosen.

Perbedaan yang gue rasakan selanjutnya adalah keseharian setelah pulang dari tempat menuntut ilmu. Ketika di SMA kalau gak ada ekstra yaudah pulang. Dan kalau udah dirumah paling-paling makan, nonton tv, ngabisin waktu gak jelas, temen-temen bisa menyimpulkan sendiri seperti apa keseharian di rumah, paling ya gitu-gitu aja.

Sekarang keseharian gue berubah total, dari yang tadinya langsung pulang ketika pelajaran kelar, sekarang gue harus cari bahan ke perpustakaan untuk dimasukan ke dalam makalah yang gue tulis. Begitu nyampek di kosan kemudian laper gue harus pergi ke warung dulu untuk membeli makan, kalo dirumah enak tinggal ke dapur aja, ambil nasi, sayur lauk, makan. Kalo biasanya dirumah punya cucian gue bisa masukin cucian gue ke mesin cuci, cukup ditinggal nonton spongebob tau-tau cuciannya kelar. Kalo disini beda banget, karena saking gak pernah nyuci baju manual gue sampe kebingungan gimana sih nyuci baju yang bersih dan benar. Sampai-sampai gue cari guru les nyuci di youtube "tutorial mencuci baju untuk pemula" dan ternyata yang gue temukan adalah iklan orang jual detergen --“.
 
 
Copyright © Fahmy Ballers
Blogger Theme by BloggerThemes